Start Programming With Java

Oke, sebelum memulai programming dengan java pasti kalian sudah tahu konsep yang di pakai dalam java, yaitu object oreinted programming. Jadi diharapkan sudah benar benar paham dengan konsep ini.
IDE yang akan kita gunakan adalah Netbeans. saya memilih IDE Netbeans untuk programming java karena menurut saya Netbeans paling cocok untuk programmer yang baru mengenal java. Di Netbeans juga banyak sekali kemudahan yang memanjakan programmer dalam membuat program. jadi hati-hati, jangan sampai anda tergantung dengan Netbeans, karena dengan Notepad pun sebenarnya kita bisa membuat program java.

Memulai Project dengan Netbeans
1) Buka Netbeans
2) Klik File ->New Project, maka akan muncul tampilan seperti dibawah. pilih java application kemudian pilih Next.















3) isi nama project, lokasi project akan disimpan, dan uncheck "Create Main Class" dan "Set as Main Project" . kemudian klik finish.















Project telah dibuat.

Membuat Package dan Class

Di Netbeans, diharapkan semua file kita terstruktur. jadi, buatlah terlebih dahulu package yang nantinya akan berisi semua file .java kita.
klik kanan pada Source Package kemudian pilih new -> java package















Isikan nama package dan kemudian klik finish (package tidak lebih dari sekedar folder).
Lakukan hal yang sama untuk membuat class namun dibuat dalam package. Jadi saat membuat class, lakukan klik kanan pada package. Isi nama class. Nama class harus diawali dengan huruf kapital dan begitu seterusnya untuk setiap awal sebuah kata pada nama class (jika nama class lebih dari satu kata).
Setelah Class berhsil dibuat, maka kita siap membuat program java.
Untuk memulai, double click pada class yang telah dibuat.
Kita mulai dengan proram sederhana "Hello Ganteng!!" seperti biasanya buat programmer yang agak narsis.

*class yang saya buat Belajar

public class Belajar
{
public static void main(String[]args)
{
System.out.println("Hello Ganteng!!");
}
}


pada code di atas terdapat kata public yang berarti method atau class kita bisa diakses oleh object dari class lain. Bisa dilihat dalam code terdapat method main yang merupakan method utama untuk eksekusi program java. Kenapa method main dibuat static? Untuk lebih jelas tentang static bisa dipelajari di Java How to Program 7th Edision.
Didalam methhod main terdapat statement untuk menampilkan text di output standard yaitu statement memenggil method System.out.println() yang merupakan salah satu method dalam library java untuk menampilkan output pada output standard.

jika di run (Shift+F6), maka akan menghasilkan output seperti di bawah :

Hello Ganteng!!

0 comments:

Post a Comment